TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG "DharmaVirya.Blogspot.com", "Selalu Semangat, Belajar, dan Menjalankan Dhamma", Semoga Blog ini bermanfaat untuk orang banyak,.... JANGAN BOSAN-BOSAN YA,.. DI TUNGGU KEDATANGANNYA KEMBALI :)

DharmaVirya To Android

Untuk memudahkan Sahabat membaca artikel-artikel dan update selalu dari blog DharmaVirya.
kini telah hadir digengamanmu, sebuah aplikasi DharmaVirya diandroid,. 
Sahabat bisa langsung Download GRATISSSSS 

CLIK DOWNLOAD

Senin, 23 Juli 2012

10 Tindakan Tidak Bajik

Oleh : Y.M. Dalai Lama 

Proses pengolahan diri terdiri dari banyak tingkat. Bagi para pemula, tugas pertama adalah menghindari sepuluh tindakan tidak bajik serta melaksanakan kebalikannya yaitu sepuluh tindakan bajik.

Tiga dari sepuluh tindakan ini, yaitu :

  • berkaitan dengan perbuatan tubuh fisik yaitu :
    1. daripada kita membunuh makhluk lain (Tidak Bajik-1), lebih baik kita menghargai setiap kehidupan makhluk (Bajik); 
    2. daripada mencuri barang milik orang lain (Tidak Bajik-2), lebih baik kita memberikan bantuan secara sukarela kepada orang yang bisa kita bantu (Bajik); 
    3. daripada merampas kekasih orang lain (Tidak Bajik-3), lebih baik kita menghargai perasaan dan komitmen yang terjalin di antara mereka (Bajik). 
  • Empat tindakan yang berkaitan dengan ucapan, yaitu :
    1. daripada berbohong (Tidak Bajik-4), lebih baik kita bicara jujur (Bajik); 
    2. daripada menyebabkan suasana tidak harmonis dengan cara menuduh orang lain (Tidak Bajik-5), lebih baik kita mendorong terciptanya kebajikan dengan cara menceritakan kualitas-kualitas baik orang tersebut (Bajik); 
    3. daripada berbicara dengan kata-kata kasar atau ketus (Tidak Bajik-6), lebih baik berbicara dengan penuh kelembutan, sabar, dan penuh cinta kasih (Bajik); 
    4. daripada berbicara sesuatu yang tidak bermanfaat (Tidak Bajik-7), lebih baik kita melakukan sesuatu yang bermanfaat (Bajik); 
  • Akhirnya, tiga tindakan yang terakhir berkaitan dengan pikiran, yaitu :
    1. kita seharusnya menggantikan kemelekatan (Tidak Bajik-8), dengan non kemelekatan (Bajik); 
    2. menggantikan niat buruk (Tidak Bajik-9), dengan perasaan cinta kasih dan belas kasih (Bajik); 
    3. menggantikan pandangan keliru (Tidak Bajik-10), dengan pandangan realistik (Bajik).
Seorang buddhis sebaiknya mengikuti kesepuluh latihan dasar kedisiplinan itu. Tidak menjalankan sepuluh latihan disiplin tersebut tapi mempraktikkan metode tantra yang lebih tinggi sama seperti membodohi diri sendiri. Kesepuluh latihan tersebut adalah latihan-latihan yang sederhana, latihan disiplin yang bisa dilaksanakan oleh siapapun, namun latihan tersebut merupakan langkah awal yang harus dilakukan bagi siapa saja yang ingin melatih yoga kuat yang menghadirkan pencerahan dalam satu masa kehidupan.

Ketika kita bertekad dalam perlindungan dan menjadi seorang Buddhis, kita harus menghormati seluruh Buddha yang ada. Setelahberlindung kepada Buddha kemudian seseorang melakukan kesepuluh tindakan tidak bajik merupakan tindakan mencemarkan ajaran Buddha. Tak ada penganut buddhis yang meminta anda untuk menjadi seorang buddhis; Anda menjadi seorang buddhis karena Anda sendiri yang memilihnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda berupaya memenuhi kualifikasi diri menjadi seorang buddhis, dan syarat
minimalnya yaitu menghindari kesepuluh tindakan tidak bajik dan melaksanakan sepuluh tindakan bajik. Kita sadar sepenuhnya bahwa tak ada seorangpun yang sempurna, tetapi jika Anda ingin menyebut diri Anda sebagai seorang buddhis, Anda harus berupaya kuat. Jika sesuatu menyebabkan kemelekatan atau kemarahan timbul dalam diri Anda, setidaknya yang perlu Anda lakukan adalah berusaha tidak dikuasai oleh emosi negatif  itu, melainkan tetap mempertahankansikap tidak melekat dan penuh cinta kasih.

0 komentar:

PROFIL ADMIN

Profil Admin:

dharmavirya.blogspot.com
Motto : "Selalu Semangat, Belajar, dan Menjalankan Dhamma"

 Namo Buddhaya,. Namo Dharmaya,. Namo Sanghaya,. _/|\_

Salam sahabat,...
selamat datang di blog Dharma Virya.

Sebelum panjang x lebar x tinggi :) saya "admin" ingin menampakan diri untuk sahabat dimanapun,.

Nama       : Dharma Virya
TTL          : Tangerang, 07-08-90
Pekerjaan : Design di Star Property
Kegiatan   : Kuliah, Futsal, Lion & Liong Dance, dan Ngeblog.

Walaupun blog ini milik pribadi tapi blog ini bersifat universal. 
Di blog ini memiliki artikel-artikel Dhamma berdasarkan ceramah-ceramah, majalah buddhis, situs buddhis, dan e-book. Yang saya sajikan untuk sahabat, semoga sahabat dapat memahami makna dhamma.

Dhamma  artinya  kebenaran  nyata  yang  dibabarkan  Sang  Buddha,  yang berisikan petunjuk lengkap untuk mencapai kebahagiaan. Dhamma Sang Buddha  bukan  hanya  sesuai  untuk  para  bhikkhu, samanera,  maupun mereka  yang  tinggal  di  vihara  saja.  Dhamma  Sang  Buddha  juga  sangat bermanfaat untuk para perumah tangga yang tinggal dalam masyarakat luas.

Tak hanya berisikan religi semata, tapi juga saya sajikan special untuk sahabat. Tentang berbagai macam cerita, iptek, sains, pengetahuan alam, dan kejadian-kejadian di Dunia.
================================================================

Blog ini memiliki banyak kekurangan, maka dari itu saya ingin sahabat dimanupun memberikan kritik dan saran agar blog ini menjadi lebih baik,.

Jika sahabat memiliki cerita dalam bentuk word, pdf, dll. Sahabat boleh berbagi ke saya dan akan  diposting kedalam blog ini,. sedikit berdana, membahagiakan banyak orang itu luar biasa,.

kirimkan krtik & saran, dan cerita menarik sahabat ke E-Mail : dharmavirya@gmail.com
jangan lupa biodata yg lengkap,. ok sahabat,. :)

Selamat beraktifitas kawan-ku
sabbe satta bhavantu sukhitatta "Semoga semua makhluk berbahagia"