TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG "DharmaVirya.Blogspot.com", "Selalu Semangat, Belajar, dan Menjalankan Dhamma", Semoga Blog ini bermanfaat untuk orang banyak,.... JANGAN BOSAN-BOSAN YA,.. DI TUNGGU KEDATANGANNYA KEMBALI :)

DharmaVirya To Android

Untuk memudahkan Sahabat membaca artikel-artikel dan update selalu dari blog DharmaVirya.
kini telah hadir digengamanmu, sebuah aplikasi DharmaVirya diandroid,. 
Sahabat bisa langsung Download GRATISSSSS 

CLIK DOWNLOAD

Sabtu, 21 Juli 2012

1 (satu) Menit yang Mengubah Hidup Anda

Penulis : Buntario Tigris, S.H., S.E., M.H. (1 Menit yang Mengubah Hidup Anda)

Kenapa satu menit? Ada apa dengan hidup saya?
Bagaimana perubahannya?

Pertanyaan-pertanyaan  tersebut  tentu  memicu keinginan Anda untuk mengetahui dan mendalaminya. Latihan  yang  akan  kita praktikkan  memang berdasarkan  waktu  1  menit.  Selain  itu  kata 1  menit sangat  efektif untuk  menarik  perhatian  Anda.  Kalau kita buat  latihan yang 1  jam,  Anda  secara psikologi akan  sudah terlihat  letih  dan  merana,  walau  latihan belum dimulai. Satu menit waktu yang sangat singkat, tetapi dari 1 menit inilah latihan ini akan membawa hidup Anda berubah.

Hidup Anda yang selama ini berlandaskan pada pengembaraan pikiran di masa lampau dan masa akan datang.  Hidup  Anda  yang terkotak  dalam  konsep pengalaman masa lampau dan harapan atau ketakutan akan masa datang, membawa pikiran Anda menjadi letih dan capek, yang berakibat tubuh Anda juga turut sakit,  stress, letih,  lesu,  lemah.  Anda  dapat  melihat akibat yang lebih jauh dari perbuatan-perbuatan Anda, yaitu cepat emosi, sedih, cemas, putus asa, dan tidak bersemangat.

Latihan 1 menit ini akan membawa perubahan pada  pola  pikir  Anda  yang  secara  langsung  akan mempengaruhi metabolisme tubuh dan perilaku Anda sehari-hari semuanya serba mudah dan sangat efektif.

Bagaimana cara latihannya?

Pertama-tama,  Anda  harus  memahami  bahwa tujuan latihan kita adalah mengembalikan kesadaran kita pada saat ini. Alam telah memberikan satu alat yang luar biasa, yang senantiasa dapat kita pergunakan untuk latihan. Alat ini tidak perlu dicari, tidak perlu dibayar, tidak pernah mogok atau perlu disogok. Itulah NAFAS! NAFAS!

Nafas kita adalah alat yang paling handal yang diberikan  oleh  alam  untuk  melatih  kesadaran,  nafas senantiasa ada dan tersedia, karena nafas adalah teman sejati kita. Nafas boleh disebut markas besar tentara kita,  benteng  pertahanan  kita.  Nafas  jauh  lebih  baik dari siapa pun yang kita sayangi, kita cintai. Mengapa demikian? Karena  nafas  tidak  pernah  minta  pamrih, tidak pernah melawan, tidak pernah meninggalkan kita kecuali  kita  sudah  meninggal.  Dalam  keadaan  suka, duka, nafas setia menemani kita tetapi kita selalu lupa akan senjata handal ini. Kesadaran  saat  ini  bermula dan  berpusat  pada  “Nafas”. Apabila kita menyadari  adanya  nafas  tarikan  udara  masuk  melalui  lubang hidung  dan  hembusan  nafas  keluar  melalui  lubang hidung, maka kita hidup saat ini. Pikiran kita ada di saat ini. Mulailah kita melatih tarik nafas dalam waktu 1 menit, kita menyadari keluar masuknya nafas. Dalam 1 menit, nafas keluar dan masuk lebih kurang 6-7 kali.

Dalam kegiatan kita sehari-hari, kita harus sering mengulang dan melatih memperhatikan nafas dalam waktu 1 menit. Setelah 1 menit kita dapat melanjutkan lagi kegiatan kita.

Untuk  pemula  semakin  sering  latihan  semakin baik. Berlatihlah secara sadar menarik nafas sebanyak 30 kali sehari, dengan demikian Anda, telah sadar 30 menit,  boleh  disebut  Anda  telah  meditasi  30  menit. Demikian juga apabila Anda sadar akan nafas 60 kali sehari maka Anda telah sadar 60 menit dan Anda telah meditasi 60 menit. Dalam melatih kesadaran nafas 1 menit, maka kita harus konsentrasi pada nafas selama 6-7 kali tarikan nafas, keluar-masuk.

Kegiatan  lain untuk  sementara  dihentikan  atau diperlahankan  (slow  down).  Kalau  memungkinkan pejamlah  mata  dan  konsentrasilah,  rasakanlah  dan nikmatilah getaran masuk-keluarnya nafas di daerah segitiga  antara  bibir  atas  dan  lubang  hidung.  Mula-mula sulit merasakannya, tetapi nanti setelah pikiran kita terlatih dan tajam, maka arus udara keluar-masuk hidung  dapat  kita  rasakan.  Perlu  diingat  dan diperhatikan  sewaktu  menarik  nafas:  Nafas  ditarik panjang,  udara  langsung  masuk  ke  perut  dan  perut mengembung.  Sewaktu  udara  keluar,  perut mengempes secara otomatis (kebiasaan kita selama ini adalah sewaktu menarik nafas dada mengembang).

Teknik  nafas  dengan  perut  sangatlah  penting, karena teknik inilah yang secara alamiah merupakan teknik  yang  benar  dan  sesuai  dengan  hukum  alam. Cobalah  perhatikan  cara  bayi  benafas,  mereka menggunakan  teknik  nafas  dengan  perut.  Dalam perkembangan kita menjadi dewasa, teknik alamiah ini mengalami  perubahan.  Akibat  tekanan  hidup  kita, tekanan  pekerjaan,  tekanan  pendidikan,  tekanan keluarga, kita menjadi mau buru-buru, mau cepat, mau instant, akibatnya nafas belum sampai di perut sudah dibuang lagi.

Karenanya kita harus kembalikan cara nafas kita sesuai dengan hukum alam. Salah satu keuntungannya adalah perjalanan nafas semakin jauh dari otak, hal ini memungkinkan pikiran kita berpikir lebih jernih dan tenang.  Seseorang  yang  dilanda  emosi  (sedih  atau marah), apabila bernafas melalui perut, maka emosinya akan  jauh  berkurang  karena  memberikan  lebih banyak  kesempatan  kepada  pikiran  untuk menenangkan diri.

Apabila kita simpulkan, dengan latihan meditasi 1  menit  ini,  kita  akan  menjadi  terbiasa  dan  akrab dengan  kesadaran  sehingga  lama  kelamaan  akan menjadi  suatu  habit  (kebiasaan)  yang  sangat  positif. Dalam  menghadapi  berbagai  ketegangan,  stress, kegembiraan,  kesedihan,  otomatis  alam  bawah  sadar kita  akan  memerintahkan  kita  untuk  kembali memperhatikan  nafas  untuk  mencapai  kesadaran. Dengan  demikian  kita  akan  terampil  dan  tampil menjadi pribadi yang tenang dan seimbang batinnya (upekkha). Batin  kita  tidak  cepat  bergolak,  senantiasa tenang  dan  mantap,  dapat  melihat  segala  sesuatu bentuk kejadian sebagaimana adanya bukan seperti apa tampaknya.

Banyak masalah yang dapat diselesaikan dengan metode sederhana ini, antara lain dapat memperbaiki kualitas  hidup  kita,  mengurangi  stress  dan  tekanan hidup,  memperbaiki  hubungan  antarmanusia (hubungan  suami-istri,  keluarga,  rekan  kerja,  dan hubungan  masyarakat),  yang  pada  akhirnya  akan benar-benar  membawa  kemajuan  batin,  yaitu menemukan diri kita sendiri.

0 komentar:

PROFIL ADMIN

Profil Admin:

dharmavirya.blogspot.com
Motto : "Selalu Semangat, Belajar, dan Menjalankan Dhamma"

 Namo Buddhaya,. Namo Dharmaya,. Namo Sanghaya,. _/|\_

Salam sahabat,...
selamat datang di blog Dharma Virya.

Sebelum panjang x lebar x tinggi :) saya "admin" ingin menampakan diri untuk sahabat dimanapun,.

Nama       : Dharma Virya
TTL          : Tangerang, 07-08-90
Pekerjaan : Design di Star Property
Kegiatan   : Kuliah, Futsal, Lion & Liong Dance, dan Ngeblog.

Walaupun blog ini milik pribadi tapi blog ini bersifat universal. 
Di blog ini memiliki artikel-artikel Dhamma berdasarkan ceramah-ceramah, majalah buddhis, situs buddhis, dan e-book. Yang saya sajikan untuk sahabat, semoga sahabat dapat memahami makna dhamma.

Dhamma  artinya  kebenaran  nyata  yang  dibabarkan  Sang  Buddha,  yang berisikan petunjuk lengkap untuk mencapai kebahagiaan. Dhamma Sang Buddha  bukan  hanya  sesuai  untuk  para  bhikkhu, samanera,  maupun mereka  yang  tinggal  di  vihara  saja.  Dhamma  Sang  Buddha  juga  sangat bermanfaat untuk para perumah tangga yang tinggal dalam masyarakat luas.

Tak hanya berisikan religi semata, tapi juga saya sajikan special untuk sahabat. Tentang berbagai macam cerita, iptek, sains, pengetahuan alam, dan kejadian-kejadian di Dunia.
================================================================

Blog ini memiliki banyak kekurangan, maka dari itu saya ingin sahabat dimanupun memberikan kritik dan saran agar blog ini menjadi lebih baik,.

Jika sahabat memiliki cerita dalam bentuk word, pdf, dll. Sahabat boleh berbagi ke saya dan akan  diposting kedalam blog ini,. sedikit berdana, membahagiakan banyak orang itu luar biasa,.

kirimkan krtik & saran, dan cerita menarik sahabat ke E-Mail : dharmavirya@gmail.com
jangan lupa biodata yg lengkap,. ok sahabat,. :)

Selamat beraktifitas kawan-ku
sabbe satta bhavantu sukhitatta "Semoga semua makhluk berbahagia"